LATIHAN SOAL UAS S1 PGSD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PDGK4202 PEMBELAJARAN IPA DI SD
1. Piaget
membagi perkembangan mental anak menjadi empat tahapan. Tahapan dimana anak
telah dapat melakukan konservasi logika tentang kelas dikenal ....
A. Sensori
motor
B.
Pre-Operasional
C. Konkret
Operasional
D. Formal
Operasional
2.
Pembelajaran IPA dengan bahasan udara yang bergerak mempunyai tekanan yang
lebih rendah daripada udara diam diberikan alat peraga dua bola pimpong,
benang, dan kayu. Dengan menggunakan pendekatan teori piaget, pembelajaran
tersebut tepat diberikan pada anak pada tahap ....
A. Sensori
motorik
B.
Pre-Operasional
C. Konkret
Operasional
D. Formal
Operasional
3. Taksonomi
hasil belajar menurut Gagne diantaranya diperolehnya keterampilan intelektual
siswa. Contoh keterampilan intelektual siswa dapat diketahui melalui ....
A.
Penjelasan guru tentang fakta dan konsep
B.
Pertanyaan guru tentang bagaimana membedakan atau bagaimana mendefinisikan
suatu konsep
C.
Pertanyaan tentang nama penemu
D.
Penejelasan tentang generalisasi suatu konsep
4.
Keterampilan intelektual dapat dijelaskan sebagai keterampilan diskriminasi
konsep konkret, konsep terdefinisim, dan aturan keterampilan diskriminasi suatu
konsep dapat dicontohkan sebagai berikut:
A.
Membedakan antara lingkungan bersih dan tercemar
B.
Menunjukkan benda terapung, melayang dan tenggelam
C.
Memberikan definisi tentang bunga lengkap
D.
Memberikan demonstrasi tentang udara mempunyai berat
5. Dalam
pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dengan topik bahasan udara bergerak mempunyai
tekanan, memulai pembelajaran dengan memberi pertanyaan tentang udara dan
fungsinya untuk mengetahui pemahaman awal siswa. Menurut Ausubel, yang
dilakukan guru tersebut menggunakan prinsip ....
A.
Diferensiasi progresif
B.
Diferensiasi integratif
C.
Rekonsiliasi progresif
D.
Rekonsiliasi integratif
6.
Pendekatan pembelaran IPA yang memerlukan obyek konkrit eksplorasi, mendapatkan
fakta untuk memahami sesuatu disebut dengan pendekatan ....
A. Faktual
B.
Keterampilan proses
C.
Konseptual
D.
Lingkungan
7. Hasil
belajar siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan konsep dapat dilihat
berdasarkan ....
A.
ketercapaian kompetensi dasar yang telah dirumuskan
B.
ketercapaian dalam pemeilihan metoda pembelajaran
C.
ketercapaian penyelesaian tugas yang diberikan
D.
Kesesuaian antara kompetensi dasar dengan topik bahasan yang disajikan
8.
Pembelajaran IPA tentang air mempunyai berat ditunjukkan oleh kegiatan
percobaan mengukur berat air pada volume : 1 liter, 2 liter, 3 liter, 4 liter
dan 5 liter. Pernyatan yang benar untuk variabel bebas adalah ....
A. berat air
B. volume
air yang berbeda-beda merupakan variabel bebas
C. perbedaan
berat air merupakan variabel bebas
D. volume
air di akhir percobaan
9. Siswa
mampu mengelompokkan objek-objek atau menginformasikan berdasarkan
karakteristik yang dimilikinya dengan mengacu pada metode tertentu.
keterampilan yang dimiliki siswa tersebut tergolong keterampilan ....
A.
Mengobservasi
B.
Mengklasifikasi
C.
Membedakan
D.
Menjelaskan
10. Dalam
pembelajaran IPA di SD tentang perubahan wujud, guru menyiapkan seperangkat
alat dan bahan seperti, bak, thermometer, pemanas air, dan es. Setelah siswa
selsai melakukan percobaan, siswa diminta untuk menjelaskan hasil temuannya.
Keterampilan yang diperoleh siswa pada pembelajaran tersebut adalah ....
A.
Memprediksi
B.
Mengobservasi
C.
Mengklasifikasi
D.
Mengkomunikasi
11. Di
halaman sekolah terdapat 50 tanaman berdaun hijau. Pak guru meminta siswa
mengamati bentuk / jenis daun dari seluruh tanaman yang tumbuh di halaman
sekolah. Selain daun, siswa juga diminta mengamati 5 jenis bunga yang tumbuh
pada tanaman tersebut. Ke-50 jenis daun dari tanaman yang ada di sekolah dapat
digolongkan sebagai:
A. Sampel
B. Populasi
C. Survey
D. Variabel
12.
Pada pembelajaran IPA dengan bahasan "Air menekan ke segala arah dan
semakin ke bawah tekanan semakin besar", menggunakan bahan air dan
peralatan ....
A. kaleng
yang dilubangi dan plastisin sebagai penutup kubang
B. wadah /
gelas dan pasir dan diberi air
C. kaleng
berisi air dan dipanaskan
D. wadah /
gelas, pengaduk, garam, gula
13.
Pembelajaran terintegrasi inter disiplin dengan tema Air dan kegunaannya untuk
siswa kelas IV dapat dilakukan melalui tahapan ....
A.
mengkaitkan konsep-konsep sifat air, wujud air, manfaat air bagi makhluk hidup
B.
mengkaitkan konsep-konsep sifat air, fungsi air, jumlah air yang dibutuhkan
bagi masayarakat sekitar / penjernihan air
C.
mengkaitkan konsep-konsep sifat air, jumlah debit air yang mengalir pada
sungai, manfaat air
D.
mengkaitkan konsep-konsep sifat air, wujud air, rumus molekul air dan fungsi
air sebagai penghantar listrik
14.
Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD kelas tinggi dapat diberikan
berdasarkan keterkaitan antar konsep dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia. Tema yang
dipilih pada pembelajaran tersebut antara lain ....
A. Matahari
B. Pasar
C. Banjir
D. Benda
padat, cair, dan gas
15.
Contoh alat evaluasi hasil belajar kepribadian diantaranya dapat ditunjukkan
melalui pernyataan ....
A. Dalam
kerja kelompok, setiap anggota kelompok mendengarkan pendapat anggota
kelompoknya
B. Penanaman
pohon palem hendaknya berjarak minimal 3 meter
C. Harus ada
pembagian kerja yang sama untuk setiap anggota kelompok
D.
Siswa yang pandai harus membantu siswa yang lambat dalam bekerja
16.
Langkah-langkah pembelajaran yang dapat dipilih guru dalam membelajarkan sistem
pencernaan antara lain adalah melakukan kegiatan awal dengan ....
A.
menjelaskan susunan alat pencernaan
B.
menanyakan fungsi alat-alat pencernaan dalam tubuh
C.
menerangkan macam-macam alat pencernaan yang tertera pada alat peraga
D. meminta
siswa memakan biscuit yang diberikan guru, lalu bertanya tentang kemana
jalannya makanan setelah ditelan
17.
Komponen silabus yang dikembangkan oleh guru yang berisi tentang penjabaran
kompetensi yang ingin diperoleh siswa dia akhir setiap kegiatan pembelajaran
tercantum dalam ....
A. Indikator
B. Materi
pokok bahasan
C. Kegiatan
pembelajaran
D.
Kompetensi dasar
18.
Dalam menyusun rancangan pembelajaran konsep esensial tentang Perpindahan
Energi, kegiatan yang diberikan guru antara lain adalah guru ....
A.
mendeskripsikan perubahan energi listrik menjadi energi lain
B.
menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik secara
lengkap
C.
menjelaskan cara perpindahan energi
D.
mendemonstrasikan contoh berbagai cara perpindahan energi listrik
19.
Siswa Kelas III Sekolah Dasar telah berada pada tahap konkret operasional, pada
pembelajaran IPA di kelas dengan bahasan "Perubahan Wujud Zat" contoh
yang dapat diberikan guru adalah memperlihatkan proses perubahan wujud dari
....
1. cair
menjadi padat dengan menggunakan air dan alat pendingin
2. padat
menjadi uap dengan menggunakan kapur barus
3. uap
menjadi cair dengan menggunakan air dan alat pemanas
20.
Perbedaan pengertian asimilasi dan akomodasi dalam membangaun pemahaman dapat
dijelaskan sebagai berikut:
1. asimilasi
merupakan proses peningkatan pengetahuan kompleks melalui penggunaan pemahaman
sebelumnya
2. akomodasi
adalah perubahan struktur mental awal anak sesuai dengan pengalamannya
3. asimilasi
merupakan penanaman struktur mental yang beradaptasi dengan struktur fisik
21. Model
belajar penemuan dipandang sebagai suatu belajar yang terjadi apabila siswa
tidak diberi konsep namun melakukan penemuan tentang konsep tersebut. Model
belajar tersebut dimaksudkan agar siswa ....
1. menemukan
pengetahuan secara aktif
2. mampu
memecahkan masalah
3.
mendapatkan pengetahuan yang bermakna
22.
Bruner mengembangkan pembelajaran yang dikenal dengan model pembelajaran
penemuan. Contoh model pembelajaran penemuan bagi siswa SD diantaranya dapat
diterangkan melalui kegiatan siswa ....
1. mengamati
perubahan wujud
2.
menggambarkan contoh bunga lengkap
3. membuat
rancangan aliran listrik searah dan parallel
23.
Pandangan Piaget bila dikaitkan dengan pandangan Bruner dapat ditunjukkan oleh
hal beriku:
1. anak pada
tahap sensori motorik sejajar dengan anak pada tahap penampilan enaktif
2. anak pada
tahap pre-operasional sejajar dengan anak pada tahap penambilan ikonik
3. anak pada
tahap operasional formal / logis sejajar denghan anak pada tahap simbolik
24.
Taksonomi hasil belajar menurut Gagne diantaranya adalah ....
1. informasi
verbal
2.
keterampilan-keterampilan intelektual
3. strategi
kognitif

1. Hewan
menggunakan oksigen untuk mempertahankan proses hidup
2. Tumbuhan
menggunakan hewan dan karbon dioksida untuk mempertahan proses hidup
3. Tumbuhan
mengeluarkan oksigen
26. Dalam
pembelajaran IPA di SD, pendekatan yang dilakukan guru meliputi ....
1. Inkuiri
Ilmiah
2. Bekerja
dan bersikap ilmiah
3.
Keterampilan berkomunikasi
27.
Pembelajaran IPA tentang makhluk hidup dan proses kehidupan di kelas III
mendeskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
berdasarkan pengamatan dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Pendekatan
pembelajaran yang dapat dilakukan guru antara lain:
1.
menggunakan lingkungan sekolah / halaman sekolah sebagai sumber belajar
2.
menjelaskan tentang penyebab sungai tercemar
3.
menjelaskan cara mencintai lingkungan agar bersih dan sehat
28.
Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV dengan topik bahasan Energi
dan Perubahannya mempunyai kompetensi dasar peserta didik mampu menyimpulkan
dari hasilo percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda.
Pendekatan yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran tersebut antara lain
adalah ....
1.
mendefinisikan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara
2. melakukan
analisis, sintesis dan evaluasi dalam membuat parasut dari plastik
3. membuat
kapal berbaling-baling dari logam
29.
Metoda diskusi dapat dipilih guru untuk melengkapi kegiatan percobaan yang
telah dilakukan siswa. Namun guru perlu menguasai / memahami keaktifan tiap
individu siswa karena kelemahan penggunaan metoda diskusi antara lain adalah
....
1. mempertinggi
peran serta siswa secara perorangan
2.
pembicaraan didominasi oleh pinpinan diskusi
3. siswa
yang pandai cenderung aktif berbicara
30. Pembelajaran IPA dengan topik terapung, melayang, dan tenggelam untuk siswa kelas III akan lebih tepat diberikan bila guru menggunakan metoda ....
1.
eksperimen
2. diskusi
3.
demonstrasi
31.
Pembelajaran IPA dengan topik bumi berutar pada porosnya dan bumi mengelilingi
matahari, dapat diberikan guru dengan menggunakan metoda ....
1. ceramah
dan gambar-gambar
2. simulasi
3.
eksperimen
32.
Siswa melakukan penyelidikan tentang macam-macam bentuk tulang daun, dari
sejumlah tanaman yang tumbuh di halaman sekolah. Keterampilan proses
terintegrasi yang diperoleh siswa antara lain adalah ....
1.
mengobservasi
2. mengukur
3.
mengklasifikasi
33.
Guru mengajarkan materi "Aliran listrik seri dan parallel" melalui
percobaan dengan memberikan seperangkat alat dan Lembar Kerja Siswa Variabel
yang terdapat pada keterampilan proses terintegrasi pada percobaan tersebut
diantaranya adalah ....
1. membuat
kesimpulan berdasarkan hasil observasi
2. mengamati
hasil percobaan
3.
menuliskan perbedaan dua benda yang diamati
34.
Pernyataan yang benar untuk rumusan hipotesis adalah ....
1. jika suhu
air meningkat, maka jumlah oksigen yang terlarut di dalamnya akan menurun
2.
mengurangi valomeair akan menyebabkan menurunnya berat air
3.
meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan melalui penggunaan variasi media
35.
Prinsip pemilihan media dalam pembelajaran IPA antara lain adalah ....
1. sesuai
dengan tujuan pembelajaran
2. memberi
kesempatan siswa untuk mempelajari atau berpartisipasi dalam pembelajaran
3.
mempertimbangkan kepraktisan, biaya serta sifat media
36. Peran
alat peraga dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan proses adalah ....
1.
membangkitkan keingintahuan siswa tentang materi yang diajarkan
2.
memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa karena pembelajaran akan
tersimpan lama dalam ingatannya
3.
memberikan pengalaman nyata kepada siswa sehingga terlatih untuk mandiri dalam
bekerja
37.
Dalam mendesain alat percobaan sederhana, guru hendaknya memperhatikan
kelayakan penggunaan alat peraga tersebut. Adapun pertimbangan yang dilakukan
guru dalam pemilihan alat peraga adalah ....
1. alat
peraga tersedia di lingkungan sekolah / tempat tinggal siswa
2. alat
peraga muda / tidak rumit digunakan
3. semua
siswa harus terampil menggunakanny
38.
Pembelajaran terintegrasi adalah pembelajaran yang ....
1.
mengkaitkan konsep-konsep dalam satu disiplin ilmu
2.
mengkaitkan konsep-konsep dalam satu rumpun bidang studi
3.
mengkaitkan konsep-konsep dalam berbagai disiplin ilmu
39.
Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD kelas rendah dapat digunakan tema
"Gosok Gigi". Pembelajaran terintegrasi tersebut merupakan
keterkaitan antar konsep dan mata pelajaran ....
1. Bahasa
Indonesia
2. Ilmu
Pengetahuan Alam
3. Ekonomi
40. Pengukuran
keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan
menggunakan alat ukur atau tes. Keberhasilan seseorang tersebut dapat diukur
tidak hanya berdasarkan penguasaan terhadap materi tetapi berdasarkan dampak
penguasaan terhadap jenjang ....
1. Proses
berfikir
2.
Pengembangan kepribadian
3. Kemampuan
keterampilan
41. Evaluasi
proses adalah pelaksanaan pengukuran yang bertujuan untuk ....
1.
mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
2. mengukur
kemampuan kognitif siswa
3.
mengetahui kesulitan peserta didik dlam mencapai tujuan pembelajaran
42.
Contoh alat evaluasi proses dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang benar
antara lain adalah ....
1. Mengukur
suhu air dengan menggunakan thermometer yang ditempelken pada alat penahan
2. Memegang
anak timbangan dengan tangan secara langsung
3. Mengenali
bau sampah akibat proses pembusukkan bahan organik
43.
Pelaksanaan evaluasi hasil belajar dapat dilakukan melalui alat ukur tes
tertulis atau lisan. Tes tertulis lebih serng dipilih guru dengan pertimbangan
....
1. dapat
mencakup banyak siswa
2. waktu
yang digunakan lebih sedikit
3. mempunyai
kesempatan memperoleh pertanyaan yang sama untuk semua peserta didik
44.
Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dilakukan dengan mengacu
pada peraturan ....
1.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003
2. Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005
3. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24 tahun 2006
45.
Pengembangan KTSP ditujukan untuk pengembangan kompetensi peserta didik. Dasar
pengembangannya adalah ....
1. adanya
kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan
2. memberi
pengalaman pada peserta didik untuk memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi dan seni
3.
kepentingan pemerintah pusat dan daerah untuk kehidupan bermasyarakat dan
bernegara
46. Dalam
penyusunan KTSP memerlukan sejumlah komponen terkait dengan pengembangannya.
Komponen-komponen tersebut antara lain adalah ....
1.
Merumuskan misi sekolah
2.
Merumuskan tujuan Instruksional Umum
3. Tujuan
satuan pendidikan
47.
Dalam mengembangkan rancangan pembelajaran di kelas IV pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia, langkah-langkah pengembangan silabus yang dilakukan guru
antara lain adalah ....
1. mengkaji
kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkaitan standar kompetensi dan
kompetensi dasar antar mata pelajaran
2. mengkaji
kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkatian standar kompetensi dan
kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3.
mengidentifikasi materi pokok dengan mempertimbangkan potensi peserta didik
48.
Materi essensial kelas IV diantaranya adalah lingkungan sehat dan lingkungan
tidak sehat. Salah satu bahasan yang dapat dipilih guru adalah pencemaran air.
Rancangan pembelajaran yang dapat dilakukan diantaranya adalah ....
1. mengajak
siswa mengamati saluran air di sekitar sekolah
2.
mempertunjukkan gambar-gambar film tentang sungai yang berwarna kelam dan
sungai yang bersih
3. mengamati
gambar mencairnya gunung es akibat panas yang tinggi
49.
Dalam menyajikan pembelajaran IPA kelas V tentang Lingkungan Sehat, metoda yang
dapat dipilih guru antar lain adalah ....
1. kunjungan
lapangan / observasi di daerah sekitar sekolah
2.
eksperimen / demonstrasi di kelas tentang uji kandungan zat berbahaya dalam air
sungai
3. ceramah
dan tanya jawab tentang gambar-gambar lingkungan sehat
50.
Pembelajaran IPA di SD dengan topik bahasan Perpindahan Energi Listrik, guru
merancang pembelajaran dengan menggunakan alat peraga rangkaian listrik
sederhana seperti logam dasar, kayu, baterai, lampu, kabel, ulir lampu dan
penjepit. Konsep-konsep yang dipilih guru melalui pembelajaran tersebut adalah
1. konduktor
dan isolator
2. rangkaian
listrik seri dan parallel
3. rangkaian tertutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar