. Teori Piaget
Sejarah singkat “Jean
Piaget” lahir di Swiss /Neucatel th 1896 sejak kecil usia 11 th jean piget sudah belajar menulis karya ilmiah
menulis tentang burung pipit albino , usia 15-18 th menulis hewan yang berbadan
lunak tentang perbedaan struktur susunan tubuh di sesuaikan dengan diman hewan
itu hidup, dilanjutkan dengan
mempelajari struktur mental di banding dengan perbedaan struk tur yang
dipelajari sebelumnya.
•
Dengan teori belajar yang
disebut Teori Perkembangan Mental Anak (Mental atau Intelektual dan Kognitif)
atau ada pula yang menyebutnya Teori Tingkat Perkembangan Berfikir Anak
•
Struktur mental lebih sulit
dipelajari dari pada struktur tubuh, srtuktur mental tersebut menurut piaget diseut nscema/scemata
•
Suatu proses untuk mencari dan memberi tanggapan terhadap
suatu brangsangan dengan melakukan hal secara terus menerus akan membentuk
suatu kebiasaan dan kemampuan. Proses yang demikian disebut adaptasi.
•
Adaptasi menurut piaget bisa
terjadi apabila melalui proses penting yang disebut proses asimilasi dan
akomodasi
•
Asimilasi adalah memberikan
tanggapan berdasarkan informasi dan pengetahuan yang telah ada
•
Akomodasi adalah memberikan
tanggapan kepada gejala yang berasal dari luar
yang menyebabkan terjadi perubahan pada sistem mental anak)
Untuk hidupnya hewan
memerlukan pengetahuan tentang pristiwa yang ada disekitarnya dan bagai mana melakukan sesuatu (membuat
sarang)
Menurut anggapan piaget ,
mental manusia mempunyai dua pengetahuan, yaitu pengetahuan tentang benda dan
kejadian dan pengetahuan tentang bagaimana cara untuk melakukannya.
Piaget bekerja pada suatu
badan yang memberikan suatu tes intelegensi anak , ternyata banyak anak yang
menjawab jawaban yang salah, beliau berkesimpulan cara berpikir anak tidak sama
dengan cara berpikir orang dewasa , hal ini disebabkan kesulitan anak untuk
mengerti pengetahuan yang komplek
Menurut penelitian piaget
cara berpikir seseorang berkembang secara bertahap , menurut teorinya seorang
anak bukannya seperti tabung menanti untuk di isi dengan pengetahuan , tetapi
secara aktif anak akan membangun
pengetahuan tentang dunia dan isinya melalui keterlibatannya . Pada
perkembangan yang berbeda anak mempunyai kemampuan yang berbeda akhirnya
memiliki pengetahuan yang berbeda pula
Piaget beranggapan bayi
sejak lahir telah mempunyai sistem yang secara terus menerus mencari dan
memberi tanggapan terhadap suatu rangsang
dengan melalukan secara terus menerus , proses tersebut melakukan
penyesuaian yang dikenal sebagai adaptasi.
Menurut piaget adaptasi
terjadi melalui dua proses yaitu asimilasi dan akomodasi (asimilasi adalah
memberikan tanggapan berdasarkan informasi dan pengetahuan yang telah ada)
sedangakan ( akomodasi adalah memberikan tanggapan kepada gejala yang berasal
dari luar yang menyebabkan terjadi
perubahan pada sistem mental anak)
Ada 4 tahapan perkembangan mental
anak :
1. Tahap Sensorik (0 – 2 tahun )
Kecerdasan motorik (gerak ) dunia ( benda) yang ada
adalah yang tampak tidak ada bahasa pada tahap awal
Ada 3 kemampuan penting yang dicapai
anak pada masa sensori motor
a.
Kemampuan
mengontrol secara internal dari dalam pikiran terhadap dunia nyata . dengan
kata lain usia 2 tahun , anak mengalami pergantian persepsi dari motor murni ke
arah simbol
b.
Perkembangan
konsep kenyataan . pada tahap ini akan menyadari bahwa dunia ini ada dan tetap
ada, sehingga anak akan mengetahui bahwa suatu benda itu ada
c.
Perkembangan
pengertian beberapa sebab dan akibat
2. Tahap Pre oprasional ( 2- 7 th )
Berpikir secara egosentris alasan –alasan didominasi
oleh persepsi lebih banyak instuisi dari pada pemikiran logis belum banyak
melakukan konservasi. ( instuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau
mema-hami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati )
Egosentrik adalah anakmemandang sesuau
dari sudut pandang dirinya sendiri
Contoh pada saat anak amin dia
menggunakan aturannya sendiri , dan masih menganggap benda hidup dikatan sebagai
benda hidup
3. Tahap Konkret Operasional ( 7 – 11- th )
Dapat melakukan konservasi logika tentang kelas dan
hubungan pengetahuan tentang angka berpikir terkait dengan yang nyata
(Konservasi arti harfiah adalah upaya pelestarian lingkungan, tetapi tetap
memperhatikan, manfaat yang dapat di peroleh pada saat itu dengan tetap
mempertahankan keberadaan setiap komponen lingkungan untuk pemanfaatan, masa
depan./ Konservasi adalah menggunakan sumberdaya alam untuk memenuhi keperluan
manusia dalam jumlah yang besar dalam waktu yang lama (American Dictionary).
4. Tahap Formal oprasional ( 7 – 15 th )
Pemikiran yang sudah lengkap pemikiran yang sudah proporsional
kemampuan untuk mengatasi hipotesis perkembangan idealisme yang kuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar